Tips Mencegah dan Mengobati Cacar Air pada Anak

Posted on

Penyakit cacar air merupakan penyakit yang umumnya menyerang anak-anak. Walaupun pada faktanya penyakit ini juga berpotensi menyerang orang dewasa, tetapi sangat jarang sekali karena orang dewasa memiliki sistem kekebalan imun tubuh yang jauh lebih baik daripada anak-anak. Cacar air sendiri bisa hinggap dalam tubuh seseorang karena adanya virus. Nah, virus ini juga terkenal sangat cepat menular, khususnya bagi mereka yang sudah melakukan kontak fisik.

Tapi tenang saja, walaupun virus ini mudah menyebar Anda juga masih bisa melakukan tindak pencegahan dan pengobatan. Lalu untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat mengatasi cacar air pada anak, langsung saja simak ulasan berikut ini:

Tips Mencegah Penyakit Cacar Air Pada Anak

tips mencegah penyalit cacar air pada anak

Untuk melakukan tindak pencegahan terhadap penyakit ini, Anda harus bisa memastikan bahwa anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima. Dalam hal ini, anak-anak haruslah mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi tinggi dan juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

Selain itu, anak-anak juga harus rutin berolahraga ringan setiap harinya, seperti misalnya bermain bola, bersepeda, ataupun melakukan aktifitas fisik lainnya. Sedangkan untuk kebersihan tubuhnya, Anda harus memastikan jika anak-anak selalu mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun Lifebuoy yang bisa membunuh kuman maupun virus penyebab berbagai penyakit.

Tips Mengobati Cacar Air pada Anak

  • Memberikan Bedak Bayi

Salah satu permasalahan paling mengganggu dari penyakit cacar air ini adalah timbulnya rasa gatal yang tak tertahankan. Terlebih bagi anak-anak rasa gatal ini pasti sangat mengganggu dan menghambat aktifitas mereka. Untuk itu cobalah memberikan bedak tabur bayi ke seluruh bagian tubuh yang terserang cacar air. Dengan demikian rasa gatal pun akan berkurang dan kondisi tubuh lambat laun akan semakin membaik.

  • Mengenakan Pakaian yang Longgar

Untuk meningkatkan kenyamanan tubuh, anak-anak juga sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini berfungsi agar tubuh tidak semakin gatal akibat bergesekan dengan pakaian.

  • Hindari Makanan yang Asin

Salah satu pantangan makanan untuk orang yang terkena cacar air adalah makanan asin. Ya, makanan yang asin hanya akan memperburuk kondisi cacar air menjadi terasa lebih gatal dan akhirnya akan lebih lama sembuh. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang tidak terlalu banyak mengandung garam namun memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari serat, protein, mineral, dan vitamin C.

  • Minum Air Putih dalam Jumlah Banyak

Apabila pada hari biasanya anak-anak selalu mengkonsumsi 8 gelas air per hari. Maka ketika cacar air menyerang, Anda bisa meningkatkan jumlahnya menjadi sekitar 10 gelas atau bahkan lebih. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sekaligus membuat cacar air semakin cepat mengering dan sembuh karena pada dasarnya tubuh manusia dipenuhi oleh mineral dan mineral berperan penting dalam proses penyembuhan cacar air.

  • Potong Kuku

Walaupun terkesan sepele, namun memotong kuku juga bisa menjadi salah satu langkah pengobatan cacar air karena pada dasarnya kuman dan virus akan lebih mudah tersimpan pada kuku yang panjang dan hal ini tentu akan berbahaya ketika anak-anak mengkonsumsi makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Oleh karena itu, jagalah kebersihan tubuh anak dan pastikan selalu mencuci tangan sebelum makan hanya dengan menggunakan sabun Lifebuoy agar seluruh kuman ataupun virus bisa teratasi.

Simak Artikel Menarik Lainnya di http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1326004/mengungkap-fakta-penting-tentang-cacar-air-pada-anak

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar tips mencegah sekaligus mengobati cacar air pada anak, semoga bermanfaat dan keluarga di rumah bisa terbebas dari cacar air!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *