Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Kering

Posted on

Hidup di daerah tropis seperti Indonesia di mana matahari menyengat cukup panas tentu saja membuat kulit Anda membutuhkan perawatan yang lebih. Terkena sinar matahari secara terus menerus dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, memperbesar kemungkinan terkena kanker kulit serta kulit kering. Untuk mengatasi kulit kering, Anda bisa mengaplikasikan pelembab untuk kulit kering yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Namun meskipun dapat dengan mudah ditemukan di pasaran, Anda tetap harus pandai memilih pelembab mana yang cocok dipakai untuk jenis kulit kering. Ini karena apabila Anda salah memilih jenis pelembab, bisa-bisa malah membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

vaseline pelembab untuk kulit kering terbaik di pasaran

Untuk memilih jenis pelembab untuk kulit kering yang bagus dan cocok, Anda harus memilih pelembab yang memiliki kandungan dan terbuat dari bahan-bahan yang tepat, seperti:

  1. Dari banyak sekali pelembab di pasaran, untuk mengatasi jenis kulit kering pilih pelembab dengan bahan dasar minyak. Ini karena minyak membuat kulit Anda tetap lembab terhidrasi.
  2. Bagi kulit yang sangat kering dan retak atau bersisik, pillih produk pelembab yang berbahan dasar petrolatum. Pelembab dengan bahan petrolatum lebih efektif untuk mencegah air menguap sehingga kulit lembab terhidrasi.
  3. Anda juga bisa memilih pelembab yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat ditemukan di teh hijau, delima atau chamomile. Antioksidan terbukti dapat membantu menetralkan radikal bebas.
  4. Selain itu pelembab yang memiliki bahan dasar hyaluronic acid dan dimethicone juga bisa dipakai untuk memperbaiki kulit kering karena kandungan hyaluronic acid dan dimethicone dapat menjaga kulit Anda terhidrasi.
  5. Terakhir, pilih pelembab yang memiliki kandungan-kandungan bahan alami yang membantu menjaga kelembaban kulit seperti yoghurt, susu, aloe vera, alpukat atau kopi. Kandungan bahan alami terbukti aman dan secara perlahan dapat melembabkan kulit Anda.

Selain memperhatikan kandungan pelembab untuk kulit kering yang cocok, Anda juga perlu memperhatikan kandungan-kandungan pelembab yang tidak cocok untuk digunakan kulit kering seperti:

  1. Jenis pelembab yang memiliki terlalu banyak kandungan asam, seperti alpha hydroxyl acids (AHA), asam silisilat, asam glikolat dan asam retionat. Kandungan asam apabila diaplikasikan ke dalam kulit kering dapat menembus ke dalam kulit yang kemudian akan menimbulkan masalah kulit pada kulit sensitif.
  2. Jenis pelembab yang memiliki kandungan alcohol dan bahan pewangi juga tidak cocok untuk jenis kulit kering.
  3. Sebaiknya Anda juga menjauhi pelembab yang memiliki kandungan urea atau asam laktat. Kandungan yang terdapat di dalam asam laktat dapat membuat dan memperparah iritasi pada kulit Anda.

Itulah kandungan-kandungan pelembab yang harus Anda temukan dan hindari dalam memilih pelembab untuk kulit kering, semoga dapat membantu Anda menemukan pelembab yang cocok. Salah satu merk pelembab yang mengeluarkan produk khusus untuk kulit kering adalah Vaseline yang memiliki kandungan-kandungan yang cocok untuk melembabkan kulit kering.

referensi artikel: http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/cara-menggunakan-pelembab-mengatasi-kulit-kering.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *