Teknologi Pembukuan Akuntansi dengan Aplikasi
Teknologi Pembukuan Akuntansi dengan Aplikasi

Teknologi Pembukuan Akuntansi dengan Aplikasi

Posted on

Uang merupakan uang yang sangat dibutuhkan manusia, penggunaannya sebagai pemenuhan serta alat tukar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Karena uang merupakan kebutuhan penting manusia, manusia harus bisa mengelola keuangan dengan baik dan bijak agar dapat terus digunakan untuk kebutuhan masa depan. Apalagi mengelola dan mendata uang milik orang banyak harus dilakukan dengan bertanggung jawab dan transparan, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman terhadap pemilik uang tersebut.

Dewasa ini sistem berbasis teknologi terus berkembang menemani manusia untuk meringankan tugas manusia, terlebih dalam mengelola keuangan. Software dan aplikasi berteknologi siap digunakan untuk memudahkan mendata pengelolaan uang melalui software akuntansi untuk pembukuan. Teknologi aplikasi akuntansi ini bisa digunakan semua orang yang baik seorang akuntan maupun bukan akuntan yang membutuhkan aplikasi keuangan untuk memudahkan pendataan dan pengelolaan keuangan.

Perkembangan Pembukuan Akuntansi

Teknologi Pembukuan Akuntansi dengan Aplikasi
Teknologi Pembukuan Akuntansi dengan Aplikasi

Sebelum adanya software pembukuan pengelola keuangan mungkin menggunakan sistem pencatatan manual yang tak jarang terjadi kesalahan pencatatan karena tidak ada koreksi otomatis dari sistem pencatatan tersebut. Mulai dari mencatat manual di buku yang memakan lebih banyak waktu untuk pencatatan dan kurang fleksibel, sampai ke perkembangannya pembukuan keuangan menggunakan software yang terdapat di semua PC (excel) yang umum digunakan manusia sebelumnya adanya software pembukuan yang lebih mudah untuk digunakan.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini sudah sangat banyak software pembukuan yang bisa membentu memudahkan pekerjaan manusia dalam mengelola keuangan. Mulai dari aplikasi keuangan professional yang berbayar maupun aplikasi yang bisa digunakan semua kalangan masyarakat secara gratis. Bahkan sudah mulai terdapat aplikasi akuntansi yang bisa digunakan secara online, sehingga transparansinya lebih luas dan dapat dibaca oleh semua orang yang berkaitan dengan uang tersebut sehingga kejujuran dalam pencatatan sangat terjamin.

Kelebihan Penggunaan Software Keuangan

Pembukuan keuangan yang umumnya kita ketahui antara lain adalah laporan laba rugi, laporan neraca, cashflow, juga laporan akhir keuangan yang akan ditransparansikan kepada sebagian pihak-pihak yang berkaitan. Hal tersebut biasanya diurus oleh akuntan bidang keuangan suatu perusahaan bahkan UKM dan UMKM. Jadi aplikasi keuangan ini bisa juga dimanfaatkan sesuai kebutuhan seperti aplikasi pajak, pajak ukm, dan akuntansi ukm.

Keuntungan lainnya adalah dengan aplikasi tersebut kita bisa lebih menghemat waktu selain itu juga multi user (bisa digunakan lebih dari satu orang) sehingga kejujuran pencatatan keuangan lebih terjaga dan lebih fleksibel – hanya dengan orang-orang yang berkaitan dengan aktivitas akuntansi saja. Aktivitas akuntansi lainnya juga bisa dicatat melalui software pembukuan ini juga seperti pemasukan transaksi jual – beli, produksi barang, pengeluaran kebutuhan alat dan sebagainya yang tersusun dalam jurnal dan secara otomatis akan terintegrasi dalam laporan – laporan aktivitas perusahaan, UKM, maupun UMKM .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *