Persyaratan Untuk Kirim Motor Melalui Pos Indonesia

Posted on

Persyaratan Untuk Kirim Motor Melalui Pos Indonesia

BACA JUGA : Cargo Murah

Ternyata persyaratan untuk kirim motor melalui Pos Indonesia tidak terlalu rumit bahkan menurut saya sangat fleksibel. Yang harus anda bawa ke kantor Pos hanyalah motor saja dan tidak perlu dokumen kelengkapan motor seperti STNK atau BPKB.

Saya pun bertanya ke kasir apakah perlu STNK juga dilampirkan dan dijawab tidak perlu pak tapi jika Bapak ingin mengirimkan STNK lebih baik melalui paket kiriman biasa Pos saja.

Jadi yang harus dilengkapi oleh pengirim sepeda motor hanyalah mengisi form Pengantar Kiriman Paket Jumbo Motor yang berisi detail informasi nama alamat pengirim dan penerima paket beserta data motor yang akan dikirimkan.

Di dalam form PKPJM itu juga ada checklist kelengkapan detail motor yang akan di-isi ketika dilakukan proses pengecekan kondisi motor oleh petugas yang disaksikan pengirim.

Contoh Form Pengantar Kiriman Paket Jumbo Motor resmi yang dikeluarkan oleh Pos Indonesia.

cara kirim motorMotor Apa Saja Yang Bisa Dikirim Lewat Pos Indonesia?
Hasil ngobrol dengan mbak kasir di dapatkan informasi bahwa paket Jumbo Motor Pos Indonesia hanya melayani 2 tipe jenis/kategori motor yakni Motor Sport dan Motor Bebek/Matic sedangkan motor matic volume besar seperti Yamaha N-Max atau Honda PCX dimasukkan dalam kategori motor sport.

Oleh sebab itu paket Jumbo Motor tidak diberlakukan ongkos berdasarkan berat motor per kilogram sehingga semua ongkos kirim dihitung berdasarkan kategori motor dan jauh/dekatnya wilayah tujuan pengiriman.

Bagaimana Prosedur Tata Cara Kirim Motor Dengan Pos Indonesia?
Setelah mengetahui detail persyaratan dan administrasi yang sudah saya jelaskan lengkap diatas kini kita mulai masuk ke inti persoalan yaitu bagaimana cara kirim motor dengan Pos Indonesia.

Berikut langkah berdasarkan pengalaman saya pribadi;

Datangi kantor Pos cabang utama di kota anda yang memiliki fasilitas paket Jumbo Motor (dalam hal ini Pos Indonesia cabang utama Palembang di Jalan Merdeka)
Langsung menuju kasir penerimaan paket pengiriman khusus yang terpisah dari loket kasir pengiriman paket biasa (surat/dokumen). Kalau di Pos Indonesia Palembang letaknya dibelakang gerai Indomaret Pos persis disebelah Monpera.
Setelah mengecek tipe motor dan besaran total ongkos kirim kita diharuskan mengisi form PPKJM.
Setelah detail informasi penerima dan pengirim ditulis di form PPKJM kita akan diarahkan ke ruangan bagian pengecekan kondisi motor. Di sini semua perlengkapan dan kondisi motor diperiksa apakah ada yang kurang dan rusak karena berpengaruh terhadap checklist kondisi motor di form PPKJM tesebut.
Proses pengecekan checklist selesai maka dilanjutkan proses pembayaran semua total ongkos kirim dan jika dibayarkan lunas maka akan mendapatkan bukti nomor resi (AWB). Selesai.
Seluruh proses cara kirim motor dengan Pos Indonesia di atas dilakukan tanpa mengecek STNK atau melampirkan fotokopi STNK sama sekali. Jadi benar-benar kosong motornya saja yang dicek dan dikirim.
Berapa Lama Kirim Motor Dengan Pos Indonesia Sampai Di Tujuan?
Proses kirim motor sampai di tujuan sesuai yang dijanjikan oleh kasir adalah maksimal 14 hari kerja (potong hari libur nasional). Dan ternyata memang benar paket saya tiba di tujuan Yogyakarta tepat 11 hari. Di kirim tanggal 22 Juni dan sampai di tujuan tanggal 3 Juli 2017. Itu sudah termasuk cuti bersama Libur Idul Fitri. Kalau saja tidak terjepit libur bersama mungkin bisa lebih cepat lagi sampainya.

Selain itu khusus untuk Paket Jumbo Motor ini kurir Pos Indonesia tidak akan melakukan pengantaran ke alamat sehingga penerima harus datang sendiri ke kantor pos tujuan untuk mengambil kiriman motornya. Nanti jika telah tiba di tujuan biasanya akan diberitahu via SMS/telepon.

Walaupun harga ongkos kirim motor melalui Pos Indonesia ini cukup mahal (karena memang tujuannya lumayan jauh) tapi setidaknya pengalaman mengirimkan motor sejauh ini bisa dibilang cukup memuaskan. Saya juga menanyakan penerima motor tersebut di Yogyakarta dan menurut dia kondisi motor baik dan tidak ditemukan kerusakan akibat kelalaian proses pengiriman.

Demikian informasi lengkap cara kirim motor dengan Pos Indonesia yang dapat saya sampaikan dan bagi para pembaca yang ingin bertanya atau share pengalaman kirim motor silahkan tulis di kolom komentar ya.

BACA JUGA : Cargo Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *