Meringankan Dan Mengobati Penyakit Cacar Air Pada Anak

Posted on

Cacar air memang sering kali terjadi pada anak sehingga sebagai orang tua kita harus berhati – hati dan waspada. Pada dasarnya cacar air sendiri merupakan suatu infeksi yang ditimbulkan oleh sebuah virus yang bernama varicella – zoster, virus ini sendiri merupakan salah satu jenis virus herpes. Untuk sebagian besar anak yang menderita cacar air di suatu tahap, memang terjadi sebelum anak tersebut berusia 10 tahun. Di dalam infeksi tersebut, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi protein yang sering kali disebut dengan antibodi yang mana melawan virus. Dengan demikian, sebagian besar anak dan juga orang dewasa yang terkena penyakit cacar air tersebut hanya membutuhkan suatu perawatan di rumah saja. Perawatan yang dilakukan sendiri memang cukup sederhana, dan berikut ini adalah beberapa pengobatan cacar air pada anak yang bisa dilakukan:

Perawatan Cacar Air Pada Anak Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Di Rumah

pengobatan cacar air pada anak

Mengurangi Rasa Gatal Cacar Air Pada Anak

Yang pertama adalah mengurangi gatal, bintik pada cacar air sendiri memang terasa sangat gatal, namun memang tidak boleh digaruk karena nantinya bisa menimbulkan infeksi kulit maupun bekas luka yang bisa terbentuk setelah bintik tersebut sembuh. terdapat banyak cara untuk bisa mengendalikan rasa gatal tersebut. Adapun beberapa caranya adalah mengompres bagian yang gatal dengan kompres dingin, kemudian juga bisa menggunakan antihistamin. Setiap orang tua memang sebaiknya harus berdiskusi dengan dokter anak terlebih dulu sebelum memberikan obat tersebut kepada anak.

Menurunkan Suhu Tubuh

Kemudian yang kedua adalah menurunkan suhu tubuh, biasanya anak yang terkena cacar air akan mengalami demam, meskipun demam tersebut merupakan respon tubuh yang terbilang normal pada infeksi untuk bisa membunuh bakteri dan juga virus penyebab sakit, demam tersebut perlu diturunkan agar tidak menimbulkan beberapa hal yang tidak diinginkan. Pasien tersebut memang hanya boleh menggunakan obat bebas untuk bisa menurunkan suhu tubuhnya jika memang demam tersebut memang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Namun memang tetap harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan petunjuk dari kemasan dengan teliti. Selain itu Anda juga perlu untuk berkonsultasi pada dokter anak sebelum memberikan obat tersebut. Dan yang paling penting adalah jangan pernah memberikan aspirin pada anak karena dapat menimbulkan masalah serius.

Mencegah Penyebaran Infeksi cacar air

Lalu yang ketiga adalah mencegah penyebaran dari infeksi, cacar air sendiri memang merupakan penyakit yang paling menular, sebagian besar dari kasus yang sudah terjadi adalah setelah melakukan kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi cacar air. Jika nantinya anak terkena cacar air, maka sebaiknya jangan memberikan izin untuk masuk sekolah dulu sebelum semua bintik cacar tersebut mengerak. Biasanya akan hilang pada hari ke seuluh setelah kemunculan dari gejala pertama. Dan untuk bisa mencegah cacar air tersebut, sebagian besar orang dapat melakukan vaksin cacar air pada saat masih kecil. Sehingga melakukan vaksin seperti campak tersebut memang sangat penting untuk dilakukan.

Pada dasarnya penyakit cacar air sendiri disebabkan oleh virus dan bakteri, oleh karena itu untuk meringankan dan mencegah penyakit cacar air tersebut, ada baiknya jika kita selalu menjaga kebersihan dari anak – anak. Untuk caranya sendiri tentu saja cukup sederhana, salah satunya adalah mandi minimal 2 kali sehari. Dan pada saat mandi, gunakan produk dari Lifebuoy untuk bisa memaksimalkan kebersihan dari diri anak – anak. Sabun Lifebuoy sendiri merupakan sebuah produk sabun dan shampoo yang mana diproduksi dengan menggunakan bahan dan teknologi mutakhir sehingga dapat mencegah dan meringankan cacar air pada anak secara efektif.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1326004/mengungkap-fakta-penting-tentang-cacar-air-pada-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *