Memberi Dukungan Kepada Pasangan yang Akan Dimutasi Kerja

Posted on

Saya wanita usia 21 tahun, pacar seusia dengan saya. Bulan ini dia dimutasi dari pekerjaannya ke tempat yang lebih jauh dari sebelumnya. Dia mengeluhkan ini kepada saya. Bagaimana caranya saya menanggapinya? Saya juga khawatir mutasi terhadapnya bisa mempengaruhi hubungan kami.

Menyikapi yang dirasakan sebenarnya bukanlah diawali dari kalimat apa yang kita berikan, tetapi dari langkah kita dengarkan. Saat pacar
mengeluh, dengarkan dengan baik. Kadang-kadang kita mengulangi apa yang ia katakan dengan kalimat kita (parafrase), untuk meyakinkan kalau kita menangkap apa yang ia keluhkan dengan baik. Parafrase juga tunjukkan kalau kita serius mendengarkannya. Perlihatkan penambahan perhatian kita dengan memberi pertanyaan yang sangkanya relevan dengan problemnya. Contoh pertanyaan relevan, ” Perasaan anda sekarang ini seperti apa? ” atau ” Apa yang anda katakan pada atasan saat dia memohon anda mutasi? ”

Semuanya yang barusan itu (dengarkan dengan baik, parafrase, serta memberi pertanyaan relevan), buat pasangan terasa di perhatikan serta di dukung. Baru kemudian Anda lebih lancar bertanya gagasannya setelah itu. Bila ia ingin tetaplah bekerja di perusahaan yang sama (serta pada akhirnya dimutasi jauh), optimis kalau mutasi ini yaitu sistem yang perlu supaya ia lebih kuasai pekerjaannya, atau dalam ia berkarir.

Baca Juga: Contoh Surat Mutasi

Optimis sendiri serta pasangan kalau malah di saat muda, Anda berdua butuh mengeksplorasi semuanya peluang berkarir. Rencanakan selekasnya beberapa langkah yang dapat Anda berdua kerjakan supaya hubungan Anda tetaplah baik dalam sistem mutasi ini.

Support setelah itu dapat diberi lewat usaha Anda untuk mencarikan informasi lowongan pekerjaan (bila ia kurang tertarik meneruskan karier di
perusahaan itu), serta tidak menekannya untuk selekasnya menikah. Bagaimanapun menikah perlu kestabilan finansial juga kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *