biografi muhammad hatta
biografi muhammad hatta

Bung Hatta, Proklamator Sekaligus Bapak Koperasi Indonesia

Posted on

Menurut artikel Teks Biografi tentang Pahlawan yang dikutip dari biograficom.com, Mohammad Hatta adalah salah satu tokoh pejuang yang sangat berjasa mengantarkan bangsa ke gerbang kemerdekaan Indonesia. Selain dikenal sebagai tokoh proklamator, beliau juga disebut sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Biografi Moh Hatta dilahirkan di Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Meski memiliki nama lengkap Mohammad Hatta, namun beliau lebih dikenal dengan sapaan Bung Hatta. Mohammad Hatta lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang agamis. Ibunya bernama Siti Saleha, dan ayahnya bernama Muhammad Djamil yang kemudian meninggal dunia saat Bung Hatta masih berusia 8 tahun.

biografi muhammad hatta
biografi muhammad hatta

Semenjak ayahnya meninggal, Bung Hatta dibesarkan di lingkungan keluarga ibunya yang memiliki latar belakang sebagai pedagang. Sebagian besar keluarga dari ibunya ini merupakan pedagang yang terbilang sukses di daerahnya. Dalam hal pendidikan, biodata Moh Hatta pernah belajar di Europese Largere School (ELS) di Bukittinggi yang sekarang ini telah berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Padang. Beliau juga pernah menuntut ilmu di Meer Uirgebreid Lagere School (MULO) di Padang.

Kemampuan ekonomi dan bisnisnya diperoleh ketika ia bersekolah di Handel Middlebare School (Sekolah Menengah Dagang). Sementara gelar Drs diraih Bung Hatta ketika menempuh pendidikan tinggi di Belanda, yaitu di Netherland Handelshogerschool.

Meski beliau telah menamatkan pendidikan tinggi, namun pengetahuan agama juga tak pernah lupa untuk ditempuhnya. Bung Hatta juga pernah belajar agama dengan sejumlah ulama besar pada masa itu di antaranya Abdullah Ahmad, dan Muhammad Jamil Jambek.

Selain dikenal sebagai proklamator, biografi Moh Hatta juga pernah mendapat sejumlah penghargaan antara lain:

  • – Gelar Pahlawan Nasional RI
  • – Bapak Koperasi Indonesia
  • – Doctor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada
  • – The Founding Father’s of Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *