Beberapa Cara Agar Bayi Anda Tidur dengan Nyenyak

Posted on

Beberapa orangtua yang mempunyai bayi seringkali mengeluhkan kurang tidur pada malam hari karna anak terbangun sekian kali untuk menyusu. Kadang-kadang kemudian, bayi sulit tidur kembali serta selalu terbangun selama malam.

Masalah seperti ini yaitu hal yang wajar dihadapi orangtua bayi baru lahir. Bayi baru lahir biasanya menggunakan nyaris beberapa besar saatnya untuk tidur.

Beberapa Cara Agar Bayi Anda Tidur dengan Nyenyak

Walau demikian mereka tidak sering menggunakan demikian jam berturut-turut untuk tidur. Tidurnya juga akan terdiri ke kurun waktu yang tidak sama. Bayi dapat tidur sejam, lalu bangun 30 menit serta tertidur kembali. Agar bayi anda tertidur dengan nyenyak maka anda harus memandikannya disore hari dan gunakan perlengkapan bayi baru lahir seperti minyak telon dan pakaian yang nyaman agar bayi anda nyaman dan dapat tertidur dengan nyenyak.

Ini karna siklus tidur bayi, terlebih bayi baru lahir memanglah belum juga seperti orang dewasa. Mereka melakukan semakin banyak fase tidur rapid eye movement (REM) yang diprediksikan perlu untuk perubahan otak. Perlu untuk diketahui juga kalau keadaan bayi sulit tidur dapat juga disebabkan oleh perubahan kebiasaan, seperti waktu perjalanan jauh atau sakit.

Selain itu, pada pagi sampai siang hari, sebisa-bisanya atur aktivitas teratur dengan alur yang sama hingga anak makan, bermain, serta bersiap tidur ada di saat yang lebih kurang sama pada setiap harinya.

  1. Aktivitas di selama siang bisa buat bayi bisa tidur lebih lelap pada malam hari. Rangsang bayi dengan beragam hiburan untuk bayi, seperti menyanyi. Di siang hari, yakinkan tempat tinggal memperoleh pencahayaan yang jelas.
  2. Bentuk aktivitas teratur harian mendekati tidur, seperti mandi, membaca atau dengarkan musik, atau ganti piyama. Makin lama bayi juga akan punya kebiasaan serta mengasosiasikan kesibukan ini dengan tidur. Namun jauhi mengaplikasikan kebiasaan baru waktu anak tengah sakit.
  3. Waktu bayi telah terlihat mengantuk, letakkan dia ditempat tidur supaya dia ikut punya kebiasaan untuk tidur dengan sendirinya. Anak yang tengah mengantuk bisa diikuti dengan mengucek mata, menguap, mata berair, rewel, sampai menarik-narik telinga. Jam 19. 00 sampai 20. 30 yaitu saat yang pas untuk bayi mulai tidur. Oleh karena itu, jangan pernah terlambat meletakkan bayi ke tempat tidur. Keadaan fisik bayi yang sangat capek juga akan malah jadikan bayi lebih sulit tidur. Bila tidak, dia relatif juga akan bangun lebih cepat.
  4. Pakai lampu redup waktu bayi Anda menginginkan menyusu pada malam hari, hingga dia secara cepat juga akan tertidur kembali.
  5. Ajari bayi untuk membedakan pada saat siang serta malam, umpamanya dengan mematikan lampu pada malam hari.
  6. Waktu dia terbangun pada malam hari, jauhi mengajaknya berhubungan atau merespons “ajakan”nya untuk bermain. Jauhi juga memberikannya mainan supaya dia paham kalau malam hari bukanlah waktunya bermain.

Tetapi bila bayi masih tetap sulit tidur pulas pada malam hari, janganlah kuatir, karna masih tetap ada beberapa cara beda yang dapat dicoba. Beri dia mandi air hangat, pijat-pijat enteng badannya, atau ganti pakaiannya dengan piyama.

Ketekunan dalam lakukan kebiasaan ini yang juga akan buat bayi terasa aman serta tidur tambah nyaman. Pada umur 3-4 bln., biasanya bayi telah mulai bisa tidur paling tidak lima jam berturut-turut. Tetapi keadaannya bisa berlainan pada semasing bayi.

Ingat-ingatlah kalau tidak semuanya kiat bisa berhasil karna setiap anak serta style pengasuhan setiap orangtua tidak sama. Beberapa orangtua suka membiarkan bayinya terbangun pada malam hari karna dipandang jadi hal yang normal, namun ada pula yg tidak sama pendapat. Hal terutama yaitu jauhi mengambil keputusan standard sangat tinggi, baik untuk sendiri ataupun bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *