Anjuran Makanan Penderita Miom

Posted on

Anjuran Makanan Penderita Miom

Anjuran Makanan Penderita Miom – Miom dikenal dengan sebutan mioma yang merupakan tumor jinak yang tumbuh disekitar rahim namun tidak bersifat ganas. Miom akan semakin berkembang hanya bergantung pada kondisi kesehatan setiap orang. Namun, kebanyakan kasus miom tidak berbahaya walaupun beberapa kasus miom lainnya berubah menjadi kanker.

Anjuran Makanan Penderita Miom

Gejala yang muncul pada penyakit ini adalah nyeri luar biasa diperut dan punggung bagian bawah, tidak nyaman saat berhubungan seksual, menstruasi yang menyakitkan, sering buang air kecil dan lainnya. Ukuran tumor jinak ini sangat bervariasi seperti sekecil biji hingga berukuran besar.

Pada dasarnya, penyebab munculnya miom belum bisa dipastikan sehingga sering dikaitkan dengan hormon estrogen. Miom sering muncul pada seseorang usia 16 sampai 50 tahun pada saat hormon estrogen wanita tinggi. Beberapa faktor lain yang mampu meningkatkan risiko munculnya miom adalah pola makan yang kurang baik, daya tahan tubuh menurun, berat badan berlebihan, stres dan gaya hidup yang tidak seimbang.

Kandungan gizi memang sangat penting untuk penanganan penyakit mioma ini. Dengan tujuan memberikan gizi untuk menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung sel kanker agar tidak berkembang semakin besar.

Anjuran Makanan Penderita Miom

Makanan yang memiliki gizi seimbang harus kita aplikasikan sebagai pencegah miom. Sebagai petunjuk, anda harus memperhatikan makanan sehat penderita miom seperti dibawah ini :

  • Membatasi daging merah
    Cukup dengan konsumsi daging merah 3 kali dalam satu minggu, anda bisa menggantinya dengan daging putih seperti ayam.
  • Konsumsi kacang-kacangan
    Tempe dan tahu memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh penderita miom. Disamping itu, kacang-kacangan mengandung vitamin C, vitamin E, karotenoid, isoflavon yang merupakan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghentikan radikal bebas.
  • Konsumsi beragam sayur dan buah
    Penderita miom sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, dapat menjaga sel-sel di dalam tubuh menjadi tetap sehat. Seperti sayuran kol yang memiliki sifat anti kanker dan mengandung vitamin C serta vitamin E yang baik untuk penderita miom.
  • Meningkatkan asupan makanan serat
    Perlu anda tingkatkan asupan makanan serat ini hingga 25 sampai 35 gram dalam perharinya. Selain itu gunakan makanan tinggi serat seperti agar-agar, rumput laut, kolang kaling dan cemilan lainnya untuk penderita miom.
  • Mengurangi konsumsi makanan akan kadar lemak tinggi
    Mengurangi lemak dalam pengkonsumsian makanan, terutama lemak jenuh dan lemak tak jenuh seperti terdapat dalam makanan jenis mentega, susu, gorengan dan daging merah.

Sumber : http://www.beritaharianmu.com/cara-menyembuhkan-miom-tanpa-operasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *