10 Cara Mengobati Sakit Mata

Posted on

Mata merah atau belekan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti iritasi, infeksi, debu atau bahkan luka. Yang paling penting bila ada mata merah adalah menahan diri dari menggosoknya dan mencari kesembuhan.
Jika Anda ragu menggunakan obat mata di pasaran, ada alternatif lain yang jauh lebih aman yaitu 10 cara merawat mata yang teriritasi dan mata merah tanpa obat. Siapa tahu itu tepat dan benar-benar kuat.
Tapi ingat, jika dalam beberapa hari tidak sembuh dengan baik, jangan ragu segera berkonsultasi dengan dokter, siapa tahu penyakit di matanya sudah buruk. Dan, tentu saja, dianggap bahwa perawatan mata tidak lagi mampu mengatasinya.

1. Pengobatan alami dengan bawang putih

Bawang putih adalah bagian besar fungsinya, tidak hanya untuk bumbu masak, tapi juga untuk berbagai obat herbal, salah satunya adalah sakit mata.
Penggunaan bawang putih untuk mengobati sakit mata sebenarnya cukup mudah, namun perlu diwaspadai. Cuci bawang putih dulu sampai bersih dan kering. Kemudian gunakan handuk lembut dan bersih agar bawang putih tetap bersih secara higienis (higiene terbangun).
Potong ujung bawang putih dan keringkan bawang putih cincang di daerah kelopak mata bagian bawah. Bagi wanita yang sering memakai eyeliner, kurang lebih sama cara.
Begitu Anda diam, Anda akan merasakan sakit di matamu sampai airnya mengalir. Jika sudah keluar air, aplikasikan lagi dengan cara yang sama, ingat jangan berlebihan sebanyak 2 kali.
Karena cara merawat mata dan air mata yang jengkel, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan cukup, sangat baik dilakukan bila Anda ingin tidur sehingga aktivitas keseharian Anda tidak begitu terhambat.

2. Daun sirih

Selain bawang putih, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati sakit mata secara alami, tentunya dengan mengolahnya dengan benar. Jalannya cukup mudah untuk menggunakan tiga lembar daun sirih dan cuci dulu.
Rebus daun sirih dengan air sampai mendidih, lalu angkat daun sirih dan dinginkan. Jika terasa dingin, saring air masak dengan saringan teh untuk mengambil air bersih.
Kemudian hanya gunakan air sirih yang disaring untuk mencuci daerah mata yang sakit. Alternatif lain untuk menggunakan obat alami ini adalah dengan meneteskannya ke mata, seperti menggunakan obat tetes mata.
Heem cukup menyakitkan seperti pacar Ben Diputusin hahahaa. Oh ya, ingat juga, jangan pakai daun sirih karena bisa merusak kesehatan mata.

3. Madu untuk mata

Manfaat madu sangat beragam, salah satunya bisa digunakan untuk menyembuhkan kelopak mata merah atau mudah dan tanpa obat-obatan. Gunakan madu murni untuk area mata tiga kali sehari sampai mata sehat kembali.
Cara merawat mata yang teriritasi dan belekan sangat mudah karena Anda tidak perlu membuat ramuan apapun, hanya dengan madu saja. Sebelum menggunakan madu, area mata yang harus dirawat harus dibersihkan dulu dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat.
Dengan ini, kotoran bisa dilepas dan perawatan mata bisa lebih bermanfaat. Saat menggunakan kapas, jangan bersihkan berulang kali di mata orang sakit, tapi begitu Anda cukup membersihkan setiap kapas.
Jika Anda masih perlu membersihkannya, gunakan kain katun yang lain dan cat ulang dengan air hangat. Kapas yang digunakan berkali-kali bisa menyebabkan kotoran menyebar ke daerah lain mata Anda.

4. Kompres mata dengan air hangat.

Mengompresi mata dengan air hangat bisa menjadi cara mengobati sakit mata dan belekan dengan mudah dan sederhana. Cukup peras daerah yang terkena air hangat untuk menenangkan daerah dan mengurangi rasa sakit.
Seperti biasa, mata harus dibersihkan sebelum dikompres. Cara ini hanya bisa berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi peradangan, sehingga Anda tetap harus menggunakan obat lain, sementara dari waktu ke waktu Anda bisa memampatkan mata bila perlu.

5. Daun Gum Patikan Kebo

Percaya atau tidak, daun getah patikan kebo juga ampuh untuk menyembuhkan penyakit mata dengan cepat. Meski masih terdengar akrab dan bisa sulit ditemukan di daerah tempat tinggal Anda. Tapi jika Anda menemukannya, gunakan untuk mengobati sakit mata.
Cukup dengan tiga tangkai mereka hanya mengambil getah dan getahnya dioleskan di area mata yang sakit. Cara menyembuhkan sakit mata merah dan merah cukup mudah dan bisa dilakukan dua kali sehari.

6. mentimun

Potong mentimun yang diiris bisa digunakan untuk mengurangi nyeri okular. Potong mentimun tipis dan letakkan irisan di matamu. Tahukah Anda bahwa mentimun yang biasa digunakan sebagai sayuran segar mengandung antibakteri yang bisa membantu mengurangi gejala sakit mata.
Dan tidak hanya mengobati mata saja, mentimun juga bisa mengurangi kantung mata. Kemudian, setelah Anda menggunakannya, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Dengan kesegaran ketimun bisa membuat area sekitar mata menjadi lebih tenang dan nyaman.

7. Jus kentang

Selain mentimun mengompres mata dengan jus kentang juga bisa bermanfaat mengurangi rasa sakit dan gejala alergi. Kentang pertama dicuci dulu lalu dikupas dan digiling. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah untuk menggunakan blender karena mengikis kentang cukup lambat dan sangat membosankan.
Setelah halus, tempat kentang pada kain lembut dan bungkus. Gunakan paket kentang untuk memampatkan mata selama beberapa menit sekitar seperempat jam dan bersihkan area mata dengan air bersih.
Cara menyembuhkan sakit mata merah dan air mata dengan kentang ini sangat mudah dan cukup sederhana.
Namun, jika Anda berpikir bahwa membuat jus atau penggilingan masih terlalu rumit, cukup potong beberapa kentang halus dan gunakan untuk memampatkan mata dengan cara yang sama dengan menggunakan mentimun.

8. susu murni

Susu murni tidak hanya sehat saat diminum, juga berguna untuk mengatasi mata orang sakit, baik dengan alergi atau dengan iritasi debu. Ada juga nih alat yang bisa menghindari dari mata mera,dengan menggunakan  kacamata baca.
Cukup gunakan bedak kapas dengan susu murni dan oleskan kapas ke area mata sakit. Tunggu beberapa saat dan lakukan secara teratur untuk mengurangi gejala sakit mata. Dan berhenti menggunakan saat matamu mulai kembali normal.

9. air mawar

Jika Anda memiliki tanaman mawar di rumah, manfaatkan bunga untuk menyembuhkan sakit mata Anda. Masukkan mawar di air dan bersihkan mata dengan air mawar.
Cara mengobati sakit mata dan air mata bisa dilakukan tiga kali sehari. Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, asalkan stok mawar ada di rumah Anda. Dan, tentu saja, tidak suka Diomelin.

10. Kurangi penggunaan obat tetes mata.

Bila mata merah dan gatal, tetes mata selalu dianggap sebagai solusi tepat untuk mengurangi gejala. Namun, penggunaan obat tetes mata tidak baik untuk kesehatan mata kita jika dilakukan terlalu sering dan terus menerus.
Pastikan Anda mendapatkan resep jika ingin menggunakan obat tetes mata. Hindari memilih obat mata yang mengandung antibiotik, kortikosteroid atau pemutih dengan sia-sia. Pergilah ke dokter dan mintalah obat yang tepat.
Penggunaan obat-obatan yang tidak diminta dan terus-menerus dan terus-menerus dapat memberi efek buruk pada kesehatan mata, seperti kelainan, pembengkakan dan kebutaan mata.
Karena itu, hati-hati dalam penggunaannya. Lain halnya dengan penggunaan bahan alami seperti di atas, siapa tahu bisa jadi pilihan alternatif cukup aman jika pria kembali ke dokter lagi.
Jangan lupa juga mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, terutama wortel kaya akan vitamin A, karena penting untuk memberi nutrisi pada mata kita. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh (immune system) agar tubuh kita tidak mudah sakit.
Karena itu, mulai sekarang perbaiki gaya hidup Anda sambil memberikan perawatan dan perawatan mata yang benar. Hal ini tentu bisa menunjang keberhasilan perawatan yang dilakukan saat merawat mata sakit dan mata merah secara alami dan tanpa obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *